Home > OPINI, SELAYANG PANDANG > Sumbangan Untuk Pembangunan Masjid

Sumbangan Untuk Pembangunan Masjid

Sepanjang perjalanan saya ke kantor di bilangan Pulogadung, saya melintasi sekitar 3 titik daerah dimana sedang ada pembangunan مسجد / mushola.
Nah, diketiga tempat tersebut saya mendapati pasti ada kotak amal untuk pembangunannya. Namun diantara ketiganya ada perbedaan dalam meletakannya/dalam penggalangannya, 2 dipinggir jalan kisaran مسجد dengan 2 orang petugas, yang 2 ini no problem karena tidak mengganggu lalin, tapi yang 1 ini yg meletakan ditengah jalan plus petugasnya, jadi membuat macet, ditambah didaerah tersebut jalannya rusak.

Trus apa maksud dibalik artikel ini??
Hhmmm, apa ya, jadi lupa gara2 macet tadi *belagamikir*
Oh iya, cuma mau share pertanyaan, untuk مسجد yg 1 itu HALAL ngga ya, mengingat dalam penggalangan dananya merugikan orang lain?? Nih pertanyaan rada2 ekstrim dan miring emang, tapi namanya nanya kan sah-sah saja, lha wong “pernyataan” aja sah ko, gmn cm nanya, iya toh??

Pasti ada yg berpendapat, sah dong itukan untuk ibadah..
Ada jg yg bilang “udah..gitu aja diurusin, udah bagus ada yg mau “sukarela” jadi petugasnya..
Yaaa, namanya pendapat, bebas lah, cuma kita kan sbg manusia wajib belajar, artinya jgn hal2 yg sdh biasa ya kita anggap wajar jika belum tentu benar..dgn alasan “dari dulu gini koq”
Hal ini bisa terjadi dalam hal ibadah maupun pekerjaan..Jadi mulai sekarang kita ubah mind set kita dari “membenarkan yg biasa” menjadi “membiasakan yg benar”..

Nah balik lg ke mslh penggalangan dana untuk مسجد yg 1, saya sendiri sih berpendapat kurang setuju dgn caranya, karena hal tersebut mengganggu kepentingan umum dmn dlm hal ini jalanan semakin macet, kalau sdh macet kan bnyk orang “ngedumel” dan mencari tahu sebabnya, nah kalau bottle necknya pas ditempat penggalangan dana, artinya cara tersebut merugikan org atau kasarnya mendzalimi org, nah kalau sdh gitu apa msh “halal” dana yg didapat??

Dibandingkan dgn merampok / menodong / menjabret perbedaannya adalah dari segi tujuan, tp persamaannya adalah sama-sama MERUGIKAN org lain, cm yg satu caranya sangat kasar, yg satu lagi agak halus..
Tulisan ini memang tidak mengupas dgn detil karena penulis bukan penulis beneran alias serabutan, hehe..udah gitu ngetiknya lama + ribet men, maaf ya..

Posted with WordPress for BlackBerry.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: