Home > LISTRIK, TIPS dan INFORMASI > TIPS MENGHEMAT LISTRIK

TIPS MENGHEMAT LISTRIK

LAMBANG LISTRIK Hidup di jaman yang serba susah menuntut kita untuk pandai-pandai berhemat dalam berbagai hal. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan tips bagaimana menghemat listrik dirumah kita yang sumbernya saya ambil dari literatur PLN.

* Padamkan lampu penerangan apabila sudah tidak dipergunakan lagi. Rasanya memang hal yang sepele,tetapi Anda mungkin akan terkejut ketika akhir bulan Anda menerima tagihan yang lebih rendah dari biasanya.

* Gunakan pemakaian lampu taman hanya pada tempat yang benar-benar perlu saja, misalnya disamping rumah karena selain untuk keserasian halaman juga untuk keamanan. Jangan lupa memadamkannya apabila hari sudah terang dan nyalakan kembali apabila hari sudah benar-benar mulai gelap.

* Lampu fluorescent (neon, TL) memang sinarnya lebih terang dan umurnyapun lebih panjang. Tetapi pastikan lampu Anda itu dilengkapi dengan kondensator, karena kalau tidak lampu tersebut sangat boros.

* Matikanlah televisi Anda segera mungkin bila acara telah selesai, atau apabila sudah tidak ditonton lagi. Membiarkan pesawat televisi terus menerus nyala disamping merupakan pemborosan juga membuka peluang cepat rusak. Demikian juga dengan radio, tape recorder, VCD/DVD, kipas angin dan peralatan rumah tangga lainnya.

* Hidari memasukkan makanan tau minuman yang masih panas ke dalam kulkas Anda atau freezer. Biarkanlah dingin lebih dahulu diluar baru memasukannya ke dalam kulkas atau freezer anda.

* Tutup rapat-rapat kulkas anda. Kebocoran dari pintu menyebabkan motornya berputar dengan tenaga ekstra dan ini jelas merupakan suatu pemborosan.

* Jangan mengisi kulkas hingga penuh sesak. Isi yang berlebihan akan membuat sirkulasinya menjadi berkurang dan menyebabkan kompresor bekerja lebih banyak untuk menjaga suhu yang dikehendaki.

* Biasakan mematikan AC apabila ruangan dalam keadaan kosong tidak terpakai untuk jangka waktu yang lama.

* Tutuplah pintu dan jendela rapat-rapat apabila AC sedang hidup. Usahakan pintu dan jendela dipasang tirai untuk melindungi dari sinar matahari langsung.

* Pasanglah AC pada lokasi yang tepat sehingga mendapat sumbangan udara yang akan dipakai dengan baik.

* Pada umumnya AC menggunakan energi listrik yang cukup besar. Oleh sebab itu setinglah thermostat pada suhu yang sesuai kebutuhan.

* Gunakanlah mesin cuci hanya bila cucian Anda banyak. Jika hanya mencuci 2 atau 3 potong pakaian, mengapa tidak menggunakan tangan saja, lebih irit bukan ??

* Lepaskan langsung setrika dari stop kontak setelah Anda selesai menyetrika pakaian. Menyalakan setrika listrik dari 450 Watt misalnya, sama saja menyalakan lebih dari 10 buah lampu neon secara bersamaan. Pernahkah Anda membandingkannya ??

* Apakah Anda memakai alat pemanas air dari listrik ? Nyalakanlah 20 menit sebelum air panas tersebut diperlukan, kemudian langsung matikan.

* Bantalan / poros dan gigi transmisi dari motor listrik hendaknya diberi pelumas secara teratur. Karena jika sudah berat putarannya, energi yang dipakainya pasti lebih dari normalnya.

* Dengan menghemat listrik berarti Anda telah menunjang program pemerintah dalam menghemat energi dan menghemat uang Anda.

Demikian semoga bermanfaat.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: