Home > KEGIATAN INDUSTRI, OPINI > TWI dan ISLAM

TWI dan ISLAM

Setelah mengikuti seminar ISO user club dengan materi TWI, langsung deh saya nulis di sini untuk "berbagi", dengan judul Training Within Industry (TWI). Di halaman ini saya hanya ingin menyimpulkan dan memberi pandangan sedikit. TWI, salah satu program untuk mempercepat proses pembelajaraan (pada waktu itu) karena kebutuhan tenaga kerja dan jumlah produksi yang banyak tetapi pekerjanya baru semua.

Nah cara menyiasatinnya adalah membuat sistem pelatihan dengan karakter : terstruktur dan mudah dipelajari, diskusi dan praktik, menitikberatkan skill untuk mengejar produksi. Salah satu materinya adalah perbaikan terus-menerus, yang kemudian terkenal dengan kaizen, karena disosialisasikan dan dilakukan secara kontinyu di Jepang. Maksudnya adalah selalu melakukan perbaikan disemua lini dan terus dilakukan tanpa kenal henti dalam suatu industri.

Hmm, jadi inget Rosul..14 abad lalu rosul pernah berucap yang kurang lebih demikian.."barang siapa yang amal hari ini lebih baik dari kemarin dia termasuk orang yang beruntung, barang siapa yang amal hari ini sama dengan kemarin dia termasuk orang merugi, dan barang siapa yang amal hari ini lebih buruk dari kemarin dia termasuk orang dzolim.." Trus apa hubungannya dengan TWI ?? Ada dong, rosul mengajarkan untuk selalu melakukan perbaikan, yang dalam istilah Jepangnya kaizen. Jadi, jauh sebelum teori TWI di temukan, islam melalui rosul telah mengajarkan sikap yang demikian. Bagaimana pendapat Anda ??

Categories: KEGIATAN INDUSTRI, OPINI
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: