Home > OPINI, TIPS dan INFORMASI > PEMIMPIN dan KEPEMIMPINAN

PEMIMPIN dan KEPEMIMPINAN

image Abis ikut trainning 2 hari tentang leadership kemaren, mumpung masih hangat, saya coba membaginya di halaman ini. Asik banget sih menurut saya, walaupun di adakan hari sabtu dan minggu yang notabene adalah hari krida tapi semangat tetep menggebu. Lumayanlah nambah pundi-pundi sertifikat training dan yang pasti wawasan dong dan juga saya jadi lebih memahami "siapa" diri saya sendiri melalui beberapa tes, dan dari hasil tes ini, saya makin siap "tempur". Langsung yuk ke materi…

Apa sih pemimpin dan apa sih kepemimpinan ?? Kalau pemimpin itu orangnya, nah kalau kepemimpinan itu banyak definisinya diantaranya :

  • Ilmu yang dapat dipelajari secara formal
  • Sifat yang melekat kepadanya sebagai pemimpin
  • Perilaku dari seorang individu yang memimpin aktivitas suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama (Hemhill & Coons, 1957 : hal 7)
  • Proses mempengaruhi aktivitas sebuah organisasi kearah pencapaian tujuan (Rauch & Bahling, 1984 : hal 46)

PEMIMPIN, kalau menurut saya "..PEMIMPIN adalah orang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk dapat melakukan apa yang diinginkan, minimal mendengarkan.." Definisi ini secara umum lho, terlepas dari "mempengaruhi" yang positif ataupun negatif.

KEPEMIMPINAN menurut saya adalah cara atau gaya seseorang memipin orang lain. Karena ada beberapa tipe pemimpin yang saya tahu.

Nah sekarang apa bedanya manager dengan leader ?? Manager itu orang yang memanage dengan menggunakan otorisasi dari perusahaan, sedangkan leader juga memanage, tapi caranya lebih halus, yaitu dengan mengajak dan memotivasi karena tidak bisa menggunakan otorisasi perusahaan.

Kalau gitu manager kejam dong ?? ya engga lah, tapi kalau mau dikatakan kejam, bisa sih, tapi kan alasannya juga kuat..karena tanggungjawab juga berat. Manager itu selalu focus pada profit, produktivitas, efisiensi, qualitas dan lainnya. Beda ama leader yang cuma fokus pada misi dan visi, mengatur emosi dan perangai anak buahnya dan lainnya. jadi wajar kan bila seorang manager menggunakan otorisasinya, karena ini menyangkut kepentingan perusahaan dan karyawannya tentunya.

Atau gini deh, saya pakai bahasa halus aja "..pemimpin itu mengajak dan memotivasi bawahan untuk bersama-sama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sedangkan manager menggunakan wewenang dan kebijakan perusahaan untuk menggerakan bawahan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.."

Kepemimpinan merupakan salah satu usaha untuk memanusiakan manusia, karena disini peran pemimpin adalah membantu membuka wawasan, pikiran dan pandangan mengenai berbagai pilihan yang dapat diambil agar orang lain (bawahan) menjadi lebih baik.

Ada 3 hal penting untuk menjadi pemimpin : self understanding, self awareness dan self control.

Selain itu juga ada 6 kualitas seorang pemimpin :

Visi : merupakan impian, tatapi dapat diwujudkan, mampu mebuat orang lain lebih tertantang, antusias dan termotivasi

  • Keterampilan berkomunikasi : mencari feedback, memberi kesan optimis, menjadi pendengar yang baik
  • Keterampilan bergaul : memiliki rasa selalu terlibat, memuji dimuka umum, kritik secara personal, humor yang sehat,gunakan otoritas seperlunya, hindari gosip, tumbuhkan respek yang sehat.
  • Karakter : rendah hati, integritas dan jujur, fleksibel dan mudah adaptasi
  • Kompetensi : trackrecord yang kuat, mampu mendelegasikan tugas, komitmen untuk terus berkembang dan bekerja keras
  • Ketegasan : berani mengambil risiko dan menumbuhkan keberanian itu, hadapi konflik, perbedaan dan kritik dengan tenang, mau melayani

Adapun ciri-ciri pemimpin adalah :

  • Sederhana
  • Memiliki kemampuan mendengarkan orang lain
  • Memiliki kepercayaan diri
  • Memiliki kemampuan bertindak tegas
  • Menghargai janji yang diucapkan
  • Menghargai diri sendiri
  • Mampu memberi ide-ide yang inspiratif
  • Memiliki sifat positif
  • Memperlihatkan komitmen
  • Memperlihatkan kesetiaan

Sebagai pemimpin, dia juga harus bisa menjadi panutan, untuk itu kita harus terbuka terhadap kritik, belajar dari kesalahan, memilik & membangun citra positif, memilik keyakina & rendah hati dan lainnya. Karena sebagai pemimpin, kita tidak hanya pergi sendiri menuju kesuksesan, tapi kita harus membawa bahawan kita bersama-sama kita.

So, apakah Anda sudah pantas menjadi pemimpin ??

Categories: OPINI, TIPS dan INFORMASI
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: