MOTHERBOARD

motherboard-parts Motherboard atau istilah lainnya mobo, bisa dikatakan sebagai "jantung" dari komputer. Semua komponen yang ada di dalam CPU harus tersambung dengan baik ke mobo agar dapat berfungsi secara maksimal. Mobo juga menjaga komponen tetap saling terkoneksi satu sama lain dan memastikan tidak ada masalah pada koneksi tersebut.

Tanda yang mengidikasikan kerusakan pada mobo biasanya adalah komputer tidak mau booting. Karena semua komponen terpasang di mobo, maka jika ada kerusakan biasanya ada komponen yang terkena pengaruhnya, untuk itu sebelum Anda memutuskan bahwa komponen tersebut rusak dan akan menggantinya, pastikan dahulu dengan mengetesnya sebelum Anda membeli yang baru.

Lakukanlah pengecekan terhadapa mobo secara visual untuk memastikan kabel tidak ada yang putus, kipas berputar dengan baik, dan batere CMOS ada pada tempatnya. Periksa juga capasitor dari kerusakan atau kebocoran, karena hal ini sangat berpengaruh besar terhadap mobo.

Pastikan juga semua jumper terpasang dengan baik sesuai petunjuk, jika buku petunjuknya tidak ada, Anda bisa mencarinya di situs mobo Anda. Kerusakan yang disebabkan oleh power supply juga bisa menjalar ke yang lain, untuk itu pastikan power supply Anda dalam kondisi yang baik.

Lakukan pengetesan dengan cara menggantinya ke CPU lain atau CPU Anda dipasang power supply yang lain. Jika Anda mempunyai cadangan mobo, coba tukar dahulu sebelum Anda membeli komponen. Walaupun mobo Anda baru, hal ini tidak menjamin mobo 100% bagus, karena bisa saja mobo rusak dalam perjalanan pengirimannya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: