Home > KOMPUTER & INTERNET, TIPS dan INFORMASI > TIPS PERAWATAN KOMPUTER

TIPS PERAWATAN KOMPUTER

Opened hard drive with top magnet removed, sho...

Image via Wikipedia

Dari beberapa informasi yang saya dapat dari internet, ternyata sangat mudah untuk dapat meningkatkan performa hard drive kita agar dapat merespon dengan cepat. Menjaga hard drive tetap bersih adalah hal paling dasar agar hard drive tetap dalam performa tinggi seperti komputer baru.

Anda dapat menjaga volume hard drive Anda dengan mengakses drive space program pada system tool Anda yang akan menginformasikan pemakaian hard drive Anda dengan sebuah diagram pie. Periksalah secara teratur dan buatlah porsi yang menurut Anda ideal untuk hard drive Anda.

Ada 6 cara mudah yang saya rangkumkan untuk Anda pada kesempatan ini :

1. Uninstall program yang tidak dipakai.

Kadang-kadang ada program yang sepertinya menyenangkan apabila kita menginstallnya, apalagi program game. Tetapi setelah beberapa minggu kita bosan untuk menggunakannya. Sadarkah Anda bahwa hal seperti ini akan memakan hard drive dan memory Anda. Walaupun Anda suatu saat menghapusnya dari hard drive, hal ini tidak akan menyelesaikan masalah, malah akan menimbulkan masalah. Hal yang paling tepat adalah Anda harus meng-uninstallnya agar komputer Anda terbebas dari masalah.

2. Hapus semua temporary Files

Ketika komputer Anda tidak shut down dengan sempurna, hal ini akan membuat files-files Anda berantakan dan tidak akan masuk ke fragmented files. Juga ketika Anda menjalankan program, komputer Anda akan membuat suatu informasi mengenai program Anda, yang sebetulnya tidak penting untuk dibuat dan menyimpannya ke dalam temporary files. Selain itu files bekas instalasi suatu program juga akan mebuat temporary folder yang disimpan dalam temporary files. Untuk itu hapuslah temporary files Anda secara aman melalui disk clean up pada system tools Anda.

3. Hapus internet cache Anda

Ketika Anda browsing internet, maka komputer Anda akan menyimpan halaman yang telah Anda lihat pada situs tersebut dalam temporary internet cache yang berguna apabila suatu saat kita membuka halaman yang sama maka komputer akan lebih cepat menampilkannya. Hal ini akan memakan hard drive Anda dengan cepat tanpa Anda sadari. Untuk menghapusnya (apapun browser Anda) sangatlah mudah dan cepat. Ikutilah instruksi pada help files jika Anda kesulitan menemukannya. Tetapi biasanya ada pada tab option. Jika sudah menemukannya, Anda juga dapat mengatur besarnya cache yang akan disimpan.

4. Hapus email yang engga penting pada email client Anda

Kadang-kadang kita membiarkan email yang engga penting tetap ada di inbox kita. Satu atau dua email memang tidak pengaruh pada hard drive Anda, bagaimana kalau ratusan bahkan ribuan dan isinya foto atau file video?? Saya pernah melihat inbox yang ikut berbagai milist dan tidak pernah dicek. Tercantum di sana 8000 email yang belum terbaca, entah berapa jumlahnya dengan yang sudah terbaca. Luangkan waktu sebentar untuk menghapus email yang engga perlu. Aturlah pesan yang masuk dengan membuat folder. Set email client agar ketika Anda menutupnya, maka otomatis akan menghapus file yang ada di delete items folder. Review lagi, apakah perlu untuk mengikuti milist tertentu atau kalau perlu, ganti setingannya untuk tidak memilih dailly mail. Jadi Anda tetap bisa melihatnya di server Anda.

5. Kosongkan recycle bin Anda

Hampir semua files yang Anda hapus mampir dulu di recycle bin. Jadi untuk benar-benar membebaskan hard drive Anda, kosongkan recycle bin Anda sesering mungkin.

6. Scandisk dan Defrag

Ketika Anda menginstal program, windows akan menaruhnya disembarang tempat yang dianggap cukup untuk menyimpannya. Sebagai efeknya, hard drive Anda akan menjadi bolong-bolong karena windows tidak meletakkannya dengan baik dan parahnya lagi, hard drive Anda bisa menjadi error jika Anda menginstal program baru. Gunakan scandisk untuk mengecek hard drive Anda yang error dan memperbaikinya, kemudian lanjutkan dengan defrag untuk menggabungkan file-file hasil instalasi yang tadi terpisah-pisah. Hal ini akan membuat hard drive menjadi teratur lokasi kosongnya.

Sekarang komputer Anda sudah “bersih” untuk itu lakukan secara kontinyu, paling tidak seminggu sekali. Hari yang paling tepat menurut saya adalah hari jumat, karena sudah dipakai selama 5 hari kerja, pasti struktur hard drivenya berantakan. Selain itu jika kita melakukannya pada hari jumat, maka pada hari seninnya kita dapat bekerja dengan nyaman. Kebayang ga jika hari senin yang notabene kata orang “i hate monday” komputer kita juga ngadat, BT banget kan??

Jika Anda orang yang suka download dari internet, aturlah file hasil download Anda secara teratur, hal ini akan memudahkan Anda untuk mencarinya lagi suatu saat kelak. Anda juga dengan mudah menghapus file yang tidak penting karena Anda tahu bahwa file tersebut bukan bawaan komputer Anda.

Kalau Anda suka menginstal program yang trial version, pastikan Anda mengingat kapan waktu habis trialnya, jadi Anda bisa langsung meng-unistallnya.

Nah pertanyaan saya, apakah pekerjaan Anda tergantung komputer, kalau iya, berarti karir Andapun tergantung komputer, untuk itu, jadikanlah komputer Anda sahabat Anda dengan merawatnya sebaik mungkin.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: