Home > KOMPUTER & INTERNET, TIPS dan INFORMASI > SHARING : MEMBUAT WEBSITE

SHARING : MEMBUAT WEBSITE

!cid_00a801c8dbf5$87dfca00$0301a8c0@KJRIEDDY Hari gini ga punya website/blog…waduuuh , bisa hancur dunia persilatan. Kali ini saya ingin membagi pengalaman saya dalam membuat website, memang tidak secara detil, tapi sekadar saran dan pencerahan saja, cekidot gan !!!

 

1. Domain

Domain adalah "alamat" di rumah maya kita. Anda ingin yang gratis atau premium?? Kalau mau gratis ya jangan kesel kalo ada embel-embelnya http://www.situssaya.wordpress/blogspot/.multiply/.com. Atau yang embel-embelnya co.cc, daftar di http://www.co.cc/.

Kalau yg premium, saran saya beli di http://www.godaddy.com soalnya saya beli disitu, banyak pilihan ekstensinya. Selain itu murah, karena waktu saya mau daftar .net harganya lagi diskon, cuma $ 6.99, ditempat lain $ 9.99 per tahun. Tapi karena “.net” nya sudah dipakai orang, jadinya saya memakai “.me”.

Selain itu juga layanannya super cepat, daftar, bayar, konfirmasi by email, langsung aktif, seru kan..! Ada bonusnya juga lagi, tapi saya lupa,

cek aja deh di situsnya Thinking.

2. Hosting

Hosting adalah tempat kita menaruh / menyimpan perabotan kita, dalam hal ini isi website kita yang terdiri dari berbagai macam jenis data, baik itu artikel, foto, video dan lainnya. Karena kalau tidak disimpan di hosting tidak ada orang yang bisa mengakses website kita, kecuali dari komputer kita. Jika ingin yang premium, banyak pilihannya, baik yang lokal maupun luar negeri, Kalau kita sudah punya nama domain sendiri, dan sudah bikin website, kita harus menyimpannya diserver agar bisa diakses orang sedunia. Mau gratis, coba di http://www.000webhost.com/, atau Anda tanya mbah gogel.

Jika ingin premium, nah ini harus selektif. Pertimbangkan beberapa hal (lainnya bisa Anda pertimbangkan sendiri), diantaranya :

  • Profesionalitas, jangan sampai setelah Anda membayar, mereka lepas tangan
  • Layanan operator 24 jam, untuk berjaga-jaga, kali aja ada masalah diserver atau hosting kita, dan orang yang paling mungkin bisa membantu yaitu pihak penyedia hosting kita
  • Kalau bisa, carilah yang kantornya dekat dengan rumah kita, atau paling engga mudah dijangkau, agar kalau kita benar-benar sudah blank, kita bisa mendatanginya untuk meminta bantuan
  • Cari yang support cpanel, biar gampang proses pembuatan websitenya
  • Sering-sering buka forum tentang webhosting, sekali lagi, tanya mbah gogel ya Big Grin

Untuk hal ini, saya menyarankan di http://www.whplus.com karena saya juga disarankan dari tabloid pcplus, jadi saya yakin akan kredibilitas whplus. Memang benar sih, kemaren saya ada masalah, dan mba susan dari whplus dengan sabarnya membantu dan membimbing saya sampai masalah saya selesai, thanx mba susan Thumbsup.

3. Bikin website

Kalau Anda sudah punya domain sendiri dan sudah menyewa hosting, pasti dong dah siap bikin web Anda. Saran saya, Anda bikin dulu websitenya secara offline sampai Anda puas. saran saya pakai JOOMLA, karena mudah dan banyak aplikasi dari pihak ketiga. Kalau sudah puas baru upload ke webhosting. Karena dulu saya beli domain, sewa hosting baru bikin website secara online, hasilnya ancur dan rugi. Kenapa? karena koneksi yang agak lama.

Namanya ngedit kan harus liat previewnya, sesuai ga, nah loadingnya itu loh lama. Jadinya ga enak, apalagi kalau kita baru menggunakan JOOMLA, dijamin : STRES. Ruginya, ya itu dia, kita belum bisa make domain dan hosting untuk nampilin website kita, karena terpakai hanya untuk mengedit web. Sedangkan waktu terus berjalan. Kalau Anda beli / sewa domain & hosting untuk jangka 1 ahun dan Anda bikin web makan waktu 3 bulan, maka Anda hanya bisa majang website Anda yang sudah jadi cuma 9 bulanan, rugi kan?

Setelah mencoba secara offline, jadi cepet ngerti, karena antara ngedit dan liat preview cepet loadingnya, jadi cepet juga ketauan akar masalahnya kalau tampilan tidak sesuai.

4. Cari referensi

Dengan kata lain guru untuk membangun website Anda, bisa secara online atau beli / pinjam buku tentang membuat website, dalama hal ini tentang Joomla.

FYI, saya menggunakan 3 buku dalam pembuatan website ini dan sedikit dari internet, saya buat dari nol, karena belum pernah menggunakan JOOMLA sebelumnya hingga akhirnya bisa membuat website ini. Berikut buku yang saya rekomendasikan :

  • 6 Langkah Pake Joomla, Bikin Web Site Keren, Suhartono, MultiCom. Isinya membahas instalasi server lokal untuk membuat situs menggunakan JOOMLA secara  offline, dan juga modifikasi situs Anda. Ada CD software, template & extension Joomla.
  • Teknik Mudah Mendesign Template Joomla, Gregorus Agung, Elex Komputindo. Isinya membahas instalasi server lokal dan modifikasi tempalte Joomla.
  • 101 tips dan trik Joomla, Gregorus Agung, elex Komputindo. Isinya modifikasi modu;, ekstension, template, install server lokal.

Kayanya segitu dulu deh info dari saya, kalau ada yang kurang jelas, tanya aja ya di komentar. Kalau ada yang salah dan tidak berkenan, mohon dimaafkan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

